Ini Alasannya Tak Semua Anak Pintar Berhitung

Assalamu'alaikum ^_^v

Jakarta – Matematika seringkali menjadi momok bagi anak-anak sekolahan. Bahkan meski si anak akan mengalami peningkatan nilai ujian dengan tutorial dan les, tapi tak semua anak akan mendapatkan manfaat dari upaya ekstra itu. Lalu apa yang mendasari perbedaan ini?

Setelah sekelompok peneliti dari AS mempelajari mekanisme perilaku dan saraf yang mendorong sejumlah anak memiliki keterampilan aritmetika atau berhitung yang lebih cepat ketimbang anak-anak lainnya, ditemukan adanya sebuah struktur otak yang bertugas memberikan penanda sensitif terhadap keterampilan berhitung tersebut.

Untuk mendapatkan kesimpulan itu, tim yang dipimpin oleh Kaustubh Supekar dari Stanford University School of Medicine, California ini menggunakan scan fMRI untuk mengukur bagaimana respons otak 24 siswa sekolah dasar berusia 8-9 tahun usai menjalani tutorial matematika secara privat selama 8 bulan.

Hasilnya, kecepatan dan akurasi dalam menyelesaikan soal berhitung pada seluruh partisipan mengalami peningkatan dengan adanya tutorial, bahkan pada beberapa anak tertentu kemampuannya meningkat secara signifikan.

Dari situ peneliti menemukan bahwa…

View original post 105 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s