Mempertanyakan Visi Pendidikan

Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan KWI

buku pelangiOleh : Benny Susetyo, Pr

Kemdikbud menetapkan sasaran penerima kurikulum baru hanya di 6.410 dari sekitar 207.114 sekolah. Dari 6.410 sekolah itu, hanya akan ada 56.113 guru dari sekitar 2,9 juta guru yang akan dilatih untuk menjalankan kurikulum baru. Sedangkan jumlah total siswa 1.535.065 yang akan menerima kurikulum baru negeri dan swasta.

Yang melaksanakan kelas 1, 4 SD, 7 SMP, 10 SMA/SMK. Prioritasnya sekolah eks rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) dan terakreditasi A.

Kurikulum 2013 menjadi polemik karena banyak yang belum tahu, sosialisasinya minim. Bukan hanya itu, polemik muncul karena perubahan dalam kurikulum tersebut dinilai banyak kejanggalan. Publik juga menilai kebijakan tersebut dibuat tergesa-gesa, tidak disiapkan dengan matang.

Jadi, banyak rencana konseptual dan praktik yang belum jelas. Bahkan dapat dinilai kurikulum akan merugikan pengajar dan siswa. Tak heran bila legislatif pun mengingatkan agar anak didik tidak dijadikan kelinci percobaan. Misalnya, rencana peleburan sejumlah mata pelajaran di jenjang sekolah dasar, banyak…

View original post 595 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s