BELAJAR BERSYUKUR

bambangbelajar

Bersyukur itu berterima kasih, karena telah dibantu atau diberi sesuatu. Sehingga bersyukur dapat ditujukan pada Tuhan ataupun makhluq, hakikatnya dalam tauhid, bersyukur/berterima kasih pada makhluq adalah bersyukur kepada Allah, karena semua terjadi atas izin-Ny, atas kasih sayang-Nya. Dalam Al Qur’an Allah menegaskan bahwa hanya sedikit hamba-Nya yang bersyukur. Untuk dapat bersyukur maka harus belajar, dari yang kecil-kecil hingga nanti yang besar.

Bersyukur dari apa yang terdekat dan rutin diterima atau dilakukan. Misalnya bernafas, cobalah ditanya pada semua orang, bolehkah udara yang dibuat bernafar selama 1 jam itu dibeli seharga 1 juta atau 1 trilyun? Maka jawabnya tidak mau, karena tanpa udara, tidak bisa bernafas akibatnya mati, sehingga nikmat bernafas dengan udara itu adalah besar nilainya karena dibeli 1 trilyun tidak boleh.

Saat kita makan/minum, adakah manusia yang selama 1 hari tanpa makan/minum sedikitpun? Jawabnya hampir tidak ada, hampir semua manusia makan/minum setiap hari, karena rutinitas ini. Hakikatnya saat berhadapan dengan makanan…

View original post 162 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s