peran pendidik dalam proses belajar mengajar

ikaanis

Menurut Sanjaya (2006), peran guru dalam proses belajar mengajar adalah:
Guru sebagai Sumber Belajar 
Berkaitan erat dengan penguasaan materi pelajaran, memiliki bahan referensi yang lebih baik dari siswa, menunjukan sumber belajar yang dapat dipelajari siswa, melakukan pemetaan tentang materi pelajaran dan menentukan materi inti yang wajib dipelajari siswa, materi tambahan yang harus dipelajari siswa.
Guru sebagai Fasilitator
Memberikan pelayanan untuk memudahkan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran, berkaitan dengan pemanfaatan sumber, media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi, mempunyai kemampuan komunikasi secara efektif sehingga memudahkan siswa menangkap pesan dan meningkatkan motivasi belajar mereka.
Guru sebagai Pengelola 
Pengelolaan pembelajaran (learning menajer) dimana guru berperan menciptakan iklim belajar yang memungkinkan belajar secara nyaman dan menjaga kelas tetap kondusif dan terjadinya proses belajar seluruh siswa.
Avil C. Eurich (Sanjaya 2006) menjelaskan prinsip-prinsip pengelolaan pembelajaran perlu dilakukan guru adalah:
  1. Siswa harus mempelajari sendiri segala sesuatu yang dipelajarinya
  2. Siswa memiliki kecepatan masing-masing
  3. Siswa belajar lebih banyak…

View original post 439 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s