perkembangan kurikulum di Indonesia

ikaanis

Perkembangan ilmu pengetahuan manusia yang maju dan pesat di era globalisasi ini, mengakibatkan cepat usang dan tidak relevannya pengetahuan yang dimiliki sebelumnya. Agar pengetahuan itu selalu mutakhir maka harus terus dikembangkan cara-cara belajar yang baru. Untuk memenuhu hal tersebut maka indonesia sudah sering menggantik kurikulum. Berikut ini beberapa kurikulum yang pernah diberlakukan di Indonesia seperti yang dikemukakan oleh Soekisno (2007) :
1. Kurikulum 1947
Kurikulum yang berlaku pada awal kemerdekaan dan diberi nama rentjana peladjaran 1947 ini masih dipengaruhi sistem pendidikan Kolonial Belanda/Jepang dan hanya sebagai penerus dan pengganti sistem pendidikan kolonial Belanda. Sistem pendidikan pada masa itu lebih menekankan pada pembentukan karakter manusia Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

2. Kurikulum 1952
Kurikulum ini diberi nama rentjana peladjaran terurai 1952 dan merupakan penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya dan sudah mengarah pada sistem pendidikan nasional. Pelajaran pada kurikulum ini lebih memperhatikan dan menekankan pada materi yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

3. Kurikulum…

View original post 838 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s