SOIMAH Sebagai Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual

Rocky Winata personal blog

 

Pembelajaran SOIMAH adalah singkatan dari Pembelajaran Sistematik, Ondemand, Inovatif, Menyenangkan, Aktif dan Holistik. Dalam SOIMAH digunakan prinsip-prinsip pembelajaran berbasis kompetensi dan kontekstual.

 

Pembelajaran berbasis kompetensi adalah pembelajaran yang dilakukan dengan orientasi pencapaian kompetensi peserta didik. Sehingga muara akhir hasil pembelajaran adalah meningkatnya kompetensi peserta didik yang dapat diukur dalam pola sikap, pengetahuan, dan keterampilannya.Sedangkan Pembelajaran berbasis kontekstual adalah pembelajaran yangmenyelaraskan kebutuhan dunia kerja dan bekal menuju dunia kerja serta potensi sumberdaya alam di seekitar peserta didik.

Hal ini sesuai dengan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah yang menyatakan bahwa dalam kegiatan inti pembelajaran merupakan prosesuntuk mencapai Kompetensi Dasar (KD) yang harus dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, krativitas, dan kemadirian sesuai denganbakat, minat, dan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik. Kegiatan pembelajaran ini dilakukan secara sistematis dan…

View original post 1,310 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s